Internet Sehat

Sudah pasti semua orang pernah mendengar istilah internet sehat dan istilah ini sering menjadi tema bahasan dalam berbagai diskusi mengenai IT. Tema ini masih sangat menarik untuk di bahas karena ternyata zaman ini semakin maju oleh sebab pengaruh internet sudah sangat kuat memasuki wilayah kehidupan masyarakat di setiap belahan dunia. Sehingga semuanya bisa bebas saling mempengaruhi dengan media internet dalam berbagai ide dan karya.

Pengaruhi Media Internet

Tema intenet sehat ini juga sudah menjadi garapan kemkominfo dari tahun 2002 dengan tujuan memberikan gambaran bagaimana cara berinternet yang beretika? Kepada masyarakat. Hal itu lahir tentunya supaya terjadi sinkronisasi dengan kearipan budaya lokal yang pada akhirnya internet ini memberikan hal yang positif kepada masyarakat penggunanya tetapi tidak kehilangan karakter budayanya.

Dan terlepas dari berbagai persoalan, baik menyangkut jati diri individu dan suatu bangsa, internet ini telah menyumbangkan kekayaan yang sangat luar biasa bagi kemajuan dalam peradaban kehidupan manusia. Bahkan kini, telah menjadi tren bahwa internet ini adalah salah satu sarana penunjang utama untuk membangun setiap sendi kehidupan.

Ada banyak fakta yang terkuak, bahwa internet telah menjadi kebutuhan bagi semua orang tanpa terkecuali. Ini memang sangat beralasan, karena konsistensi dari pelaksanaan berbagai bentuk ide rata-rata terwujud karena ditunjang dengan informasi dan jaringan yang memberikan banyak pilihan untuk mencari yang paling sesuai dengan ide dan hal itu benar-benar disediakan oleh internet. 

Gagasan pemasaran umpamanya, ini telah berkembang begitu pesat dan memberikan kemudahan bagi kemajuan ekomomi masyarakat diberbagai wilayah. Keluasan jangkauan pemasaran ini sangat jelas mempengaruhi kemajuan bidang ekonomi, baik dalam sekala yang sangat kecil hingga skala yang sangat besar.

Properti Internet

Dampak

Dampak langsung dari internet kepada kehidupan manusia adalah terjadinya percepatan komunikasi, baik antar individu maupun kelompok dan bangsa, sehingga menciptakan berbagai konsolidasi karakter dan budaya secara masal. 

Dampak langsung seperti diatas merupakan dampak yang sangat positif, karena dengan begitu akan memberikan ruang untuk menciptakan kepercayaan, kerjasama dan solidaritas secara luas. Dengan kepercayaan yang memiliki kavabelitas tinggi tentunya selalu melahirkan kerjasama efektif dalam membangun suatu gagasan.

Menilik pada kata kunci “membangun sebuah gagasan” maka akan terlihat dua bentuk dominan dari gagasan. Dimana kedua bentuk itu sama-sama memiliki ruang dan karakter yang sangat luas. Dua bentuk gagasan tersebut adalah gagasan positif dan gagasan negatif. Pada akhirnya konsolidasi gagasan tidak terbatas pada gagasan yang positif saja karena internetpun membuka ruang yang sangat lebar untuk gagasan yang berkategori negatif.

Gagasan positif

Apa yang sudah disinggung terkait dampak langsung dari internet diatas merupakan sebagian kecil dari bentuk gagasan yang positif. Gagasan yang berupa hasil pemikiran, usulan, keinginan dan harapan dapat tersampaikan kepada semua sasaran yang dituju dengan tepat. Lebih lanjut, gagasan dengan media internet itu selain cepat tersampaikan juga bisa dijelaskan dengan dilengkapi fakta, data, informasi dan pendukung yang memberikan ruang yang nyaman untuk melahirkan kepercayaan.

Terfokus pada kegiatan kehidupan sosial menyangkut keberadaan remaja dan pemuda sebagai generasi harapan bangsa misalnya, dengan kenyataan bahwa mereka adalah pengguna aktif internet serta beragam gagasan yang mereka miliki berpotensi besar dalam melahirkan berbagai ide dan gagasan yang cemerlang dan akan besar kemanfaatannya bagi pembangunan suatu bangsa.

Dengan berlatar belakang pendidikan yang jelas dan sistematis maka potensinya bisa terukur dengan tepat. Sehingga potensi gagasan yang berbeda-beda yang ada pada mereka bisa digunakan sesuai dengan keinginan dan harapan yang mereka miliki. Setidaknya gagasan mereka bisa mereka tuliskan di berbagai media yang disediakan internet seumpama layanan blog, yang kemudian tulisan itu akan terus berkembang beriringan dengan kesempatan yang mereka dapatkan.
Layanan pada internet
Mewadahi potensi dan gagasan para remaja ini adalah salah satu gagasan positif dan merupakan salah satu dari sasaran utama dari internet sehat ini.

Gagasan Negatif

Seperti diketahui bersama bahwa belahan dunia yang berselimut pasir saat ini sedang dilanda bencana perang yang merampas hak-hak kemanusiaan. Sementara ditempat lain disibukan dengan perburuan terhadap dalang teror dan pengedar narkoba. Beragam informasi kekerasan, pelanggaran terhadap norma, tindakan asusila, penculikan, korupsi dan lain-lain, telah mewarnai ruang ide dan gagasan yang juga tumbuh dengan begitu subur.

Gambaran tersebut juga merupakan buah karya dari ide dan gagasan yang pengaruhnya tidak kalah kuat dengan perkembangan gagasan positif yang kita singgung diatas dan memiliki jembatan yang sama dalam perluasan pengaruhnya yaitu internet. 

Kemudian kembali pada eksistensi remaja dan pemuda, maka banyak terdapat informasi sekaligus merupakan fakta bahwa mereka adalah kelompok yang paling besar yang menjadi korban dari gagasan yang negatif. Tragedi jalan tamrin misalnya, menurut data yang tersebar bahwa pelakunya adalah pemuda yang masih dalam masa produktif yang seharusnya mengembangkan ide dan gagasannya dengan melakukan kegiatan yang akan memberikan manfaat pada semua orang yang ada disekelilingnya termasuk dirinya sendiri.

Kesimpulan

Tidak bisa dipungkiri internet memang sudah menjadi kebutuhan diperadaban ini. Namun, jangan sampai melupakan –bahwa- masih ada ruang untuk mengkritisinya. Bebas saling mempengaruhi dengan media internet menandakan bahwa dunia internet tidak memberikan batasan bagi penggunanya apa lagi aturan yang mengikat selain dari membangun kepentingan dari suatu gagasan. Sehingga kendalinya diserahkan pada penggunanya sendiri.