Inilah Fakta-fakta Keunikan Ramadhan

Hanya dalam hitungan hari bulan Ramadhan akan segera tiba. Bulan yang sangat dirindukan oleh seluruh umat muslim didunia. Betapa tidak, dibulan ini ditawarkan sebuah tantangan yang wajib dihadapi oleh kaum muslimin yang telah mencapai akil baligh, yaitu menahan lapar dari mulai terbit pajar hingga terbenam matahari. Inilah Fakta-fakta Keunikan Ramadhan


Inilah Fakta-fakta Keunikan Ramadhan 2018

Bukan sekedar tantangan tetapi hadiah yang ditawarkan pun sangat istimewa. Sehingga berbagai keunikan menjadi fakta yang tidak bisa dipisahkan dari bulan suci Ramadhan dan inilah fakta-fakta keunikan Ramadhan:

1. Awal Ramadhan ditentukan oleh bulan

Dalam memulai puasa dibulan Ramadhan selalu terjadi perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah yang lainnya. Karena, awal Ramadhan ditentukan oleh peredaran bulan dan untuk menentukan pergantian bulan ada metode husus yang diyakini sebagai kriteria wajib yang ditetapkan oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu berdasarkan pada rukyatul-hilal dan Istikmal. inilah fakta unik yang pertama.

2. Tanggal Ramadan berubah setiap tahun

Bila disandingkan dengan tahun masehi, maka bulan ramadhan ini selalu berubah dan lebih cepat 11 sampai 12 hari setiap tahunnya. Sehingga tidak bisa menentukan ramadhan dengan kalender masehi. Unik bukan?. ya ya ya ini memang unik.

3. Perubahan waktu kerja

Di negara-negara yang memiliki mayoritas umat Islam lebih besar seperti di Indonesia, bulan Ramadan memiliki dampak besar dalam kehidupan Sosial masyarakatnya. Biasanya, ada pengurangan jam kantor atau sekolah. Bahkan, disebagian wilayah ada yang menukar kegiatannya menjadi malam hari. Sangat unik.

4. Ngabuburit / Jalan-jalan sore

Ngabuburit (menunggu senja datang) dengan jalan-jalan sambil mencari makanan untuk mencari takjil adalah aktivitas lain yang tidak terjadi di luar bulan Ramadhan. Ini dapat dilihat diberbagai wilayah di Indonesia. Sehingga sebagian kota memberlakukan aturan untuk mempersilahkan warganya berjualan takjil di badan jalan protokol. Dan selama aktivitas ngabuburit ini berlangsung, pengendara dilarang melewati jalan ini, karena dikhususkan untuk para pejalan kaki. Baru setelah jam berbuka, badan jalan ini kembali di buka untuk pengendara. Sangat unik kan, pemirsaa.

5. Masjid menjadi ramai terutama pada minggu pertama Ramadhan

Hususnya yang terjadi di Indonesia, mesjid-mesjid yang pada hari-hari biasa selalu sepa atau hanya 1 bahkan kurang dari 1 baris ketika shalat maghrib dan isya, maka pada minggu-minggu pertama menjadi padat dan ramai. kendati menjelang minggu terakhir keramaiannya mulai berkurang. Ternyata ini menjadi salah satu keunikan Ramadhan, keramaian mesjid-mesjid hususnya di Indonesia ternyata ada musimnya, yaitu ketika bulan Ramadhan.

6. Aktifitas kehidupan sosial terjadi di 1/3 akhir malam

Kegiatan unik ini telah berlangsung sejak lama dan sudah menjadi tradisi yang berlandaskan pada sunnah Nabi. Aktifitas masyarakat ini terjadi selain karena ada tuntunan sunnah juga sebagai upaya untuk memaksimalkan ibadah puasa, dengan makan sahur sangat diharapkan ketahanan tubuh sepanjang hari tanpa makan dan minum tidak terganggu.

7. Buka Bersama

Ada yang lebih penomenal lagi, terutama dalam hal membangun keintiman konsolidasi diranah sosial, yaitu kegiatan yang biasa kita sebut dengan buka bersama. Ini memang sudah menjadi kebiasaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia bahkan di dunia. Gedung putih sering mengundang para duta besar yang berasal dari negara-negara muslim untuk berbuka bersama disana. Jadi, buka bersama berfungsi sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi sesama muslim bahkan dengan non muslim sekalipun. Bagaimana pemirsa?, Fakta penomenal dan unik kan....

8. Makanan khas yang hanya ada di bulan Ramadhan

Ya, kolak ialah makanan khas yang hanya masip diadakan di bulan Ramadhan oleh ibu-ibu rumah tangga untuk berbuka puasa dan sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Kebanyakan orang Indonesia, setiap berbuka bisa dipastikan selalu mengkonsumsi kolak. mmmhh bikin ngiler nihh... Selain kolak, di Jawa Barat ada candil. Seperti halnya kolak candilpun hanya bisa ditemui ketika bulan Ramadhan. Sungguh penomenal dan unik pemirsa...

9. Terdengar suara bedug di Malam Hari

Satu lagi fakta yang tidak kalah unik dan hanya terjadi dibulan Ramadhan, kali ini adalah sesuatu yang berhubungan dengan seni bermusik, yaitu Beduug. Bedug awalnya adalah sarana untuk mengumumkan tibanya waktu shalat untuk orang-orang yang berada jauh dari mesjid. Yaa, itu dulunya. Dan ketikan menjelang bulan Ramadhan, bedug ini akan terus menerus dipukul dengan irama yang berwarna. Yaa, sekali lagi, itu dulu sebelum ada media untuk mempublikasikannya. 

Tetapi pada saat ini, bedug tidak akan terdengar, atau paling tidak sangat jarang didengar pada hari-hari biasa. Tetapi, ketika Ramadhan tiba, maka bedug menambah andil pada kesakralan Ramadhan bagi seluruh umat. khususnya di Nusantara.

Bagai mana pemirsa?, Unik bukan?. Tetapi yang paling penting adalah kita benar-benar mampu menjadi orang yang benar-benar tulus melakukan segala amaliah dibulan Ramadhan tahun ini. Selamat, menyambut dan melaksanakan ibadah Ramadhan tahun ini, semoga mendapatkan kemenangan dengan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Amiiin. Inilah Fakta-fakta Keunikan Ramadhan