JENIS SAYURAN PENGUAT STAMINA DI MUSIM HUJAN

Ketika memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, Sistem kekebalan tubuh sangat rentan mengalami penurunan. Tentu saja yang jadi penyebab utamanya adalah virus dan bakteri jadi lebih mudah berkembang biak ketika musim hujan tiba. Mengkonsumsi makanan sehat adalah salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi sayuran adalah salah satu cara menjaga stamina tubuh tetap prima karena kandungan seratnya.

Berikut ini adalah 2 jenis sayuran yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh dan menjaga stamina tetap prima. Terutama disaan musim hujan seperti sekarang ini.

Lobak

INILAH JENIS SAYURAN YANG BISA MENGUATKAN STAMINA DI MUSIM HUJAN

Lobak merupakan jenis sayuran yang diambil bagian umbinya. Banyak sekali ragam dari Jenis lobak ini. Lobak menurut warna memiliki beberapa jenis; ada yang berwarna putih, lobak merah bahkan ada lobak berwarna ungu. 

Berikut ini merupakan daftar kandungan gizi yang terdapat di dalam lobak putih:

Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, Vitamin E, Minyak Atsiri, Beta Carotene, Niasin, angan, Kolin, Asam Folic, Kalsium, Zat besi, Fosfor, Asam oksalat dan Serat kasar.

Lobak putih memiliki kulit dan daging yang berwarna putih. Lobak putih ini dapat dimakan mentah atau bisa juga dimasak sebagai bahan sup.

Lobak diketahui bisa membunuh pertumbuhan jamur yang tidak terkendali di dalam tubuh. Dengan adanya enzim – enzim seperti enzim diastase, amylase, mirosinase serta enzim esterases dapat berguna untuk membunuh jamur – jamur yang pertumbuhannya berlebihan. Selain untuk membunuh jamur pada tubuh, enzim – enzim tersebut juga memiliki manfaat untuk melenyapkan zat – zat berbahaya, virus – virus, dan juga parasite – parasite yang ada di dalam tubuh kita secara efektif.

Wortel 

INILAH JENIS SAYURAN YANG BISA MENGUATKAN STAMINA DI MUSIM HUJAN

Manfaat wortel sangat beragam, tidak hanya untuk kesehatan tapi juga dapat digunakan untukberbagai kebutuhan lainnya,  Wortel merupakan sayuran yang sangat berkhasiat. Wortel yang secara luas dikenal sebagai sumber vitamin A, ternyata memiliki segudang manfaat lain. Tentu saja apabi la sayuran bewarna oranye ini, dikonsumsi secara rutin. Sama seperti manfaat buah dan sayuran pada umumnya, manfaat wortel ini juga sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia.

Kandungan Gizi Wortel

Menurut dpertemen pertanian Amerika, satu wortel berukuran sedang atau ½ cangkir wortel cincang dapat dianggap sebagai satu porsi. Satu porsi wortel memiliki kandungan 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula dan 1 gram protein.

Wortel adalah makanan yang paling kaya akan vitamin A, menyediakan sekitar 210% dari kebutuhan orang dewasa per hari. Wortel juga mengandung 6% dari kebutuhan vitamin C, 2% dari kebutuhan kalsium dan 2% dari kebutuhan zat besi per porsinya.

Wortel ini memiliki kandungan antioksidan beta-karoten yang menjadikan wortel memiliki warna oranye yang cukup terang. Beta-karoten diserap dalam usus dan diubah menjadi vitamin A selama proses pencernaan.

Wortel juga merupapakan sayuran yang sangat super, ia juga mengandung serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E dan seng yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Sekitar 13.500 IU beta karoten terdapat pada satu buah wortel saja dan manfaatnya bisa menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh. Selain itu betakaroten dalam wortel bisa mencegah penuaan dini, kerusakan sel, mencegah katarak dan sebagai zat anti kanker.