Menjaga Hubungan Antara Sesama Manusia

Makhluk sosial adalah julukan bagi manusia sehingga dalam prinsipnya Menjaga Hubuangan Baik Antara Sesama Manusia merupakan alamat dari eksistensinya sebagai manusia. Namun, Perkembangan teknologi serta berbagai kemajuan disetiap bidang kehidupan membuat manusia berbondong-bondong meraih kebahagiaan hidupnya. Kendati tidak sedikit, ada yang semakin tenggelam dalam keterpurukan. 

Acara pelepasan anggota iksan di situ cisanti

Pada dasarnya secara kodrati manusia memiliki kecendrungan untuk berbauat baik dan berbuat jahat. Sehingga terjadi ruang yang disebut harmonis dan tidak harmonis dalam hubungan antar manusia tersebut. Kecendrungan dasar manusia dalam bernuat jahat, akibatnya terjadilah ketidak harmonisan dalam hubungan antara sesama manusia.

Hubungan yang tidak harmonis dalam pergaulan ini akan menimbulkan suasana batin yang kusam. Tidak jarang suasana batin yang kusam ini sedikit demi sedikit menimbun rasa benci. Terlepas dari terjadinya kontak dengan manusia lain akibat kebenciannya yang menumpuk, maka yang paling bahaya adalah dampak yang menggerogoti kesehatan tubuhnya.

Dalam sebuah hadits Rosulullah Muhammad Sholallahu ‘Alaihi Wasallama memberikan pengajaran kepada umatnya Beliau bersabda: “Allah berfirman: ‘Akulah yang Maha Pemurah, dan dia adalah rahim (persaudaraan). Aku ambilkan namanya dari nama-Ku. Barang siapa menyambungkannya maka Aku menyambungkannya dan barang siapa yang memutuskannya maka Aku memutuskannya’.” ( hadits qudsi, Riwayat Abi Dawud ).

Dalam hadits ini sangat jelas bahwa persaudaraan adalah tali kasih sayang diantara sesama manusia, sehingga menjaga hubungan baik antara sesama manusia adalah prinsip hidup yang wajib dibangun bersama. Silaturrahmi adalah salah satu ikatan yang sangat kuat dalam menjaga hubungan antara sesama manusia bahkan hubungan yang lebih besar seperti hubungan antar Negara

Semoga kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan bisa memberikan sumbangan yang besar pada kemajuan hubungan diantara sesama manusia. Sehingga konflik yang terjadi baik yang kecil maupun konflik yang besar seperti yang saat ini tengah melanda wilayah timur tengah sedikit demi sedikit bisa diredam bahkan dihentikan.