Cinta tanah air

Cinta tanah air adalah sesuatu yang harus di miliki oleh setiap orang yang tinggal di tanah airnya. Salah seorang tokoh NU di masa lalu bahkan pernah menyatakan sbuah pernyataan dengan bahasa arab yang berbunyi "hubbul wathan minal iman".

Para pendiri bangsa di masa lalu, sangat serius meletakan dasar-dasar nilai kenegaraan yang harus menjadi identitas bangsa Indonesia dimasa yang tidak terbatas.

NKRI adalah harga mati, ini bukanlah pernyataan yang tanpa arah dan tujuan. Tetapi, mengandung pesan yang sangat serius bagi setiap orang yang lahir, besar dan menjalankan kehidupannya di bumi Indonesia.
Pesan itu adalah supaya seluruh elemen masyarakat mau secara sungguh-sungguh membangun negeri ini demi menjaga dan meningkatkan harga diri bangsa dimata dunia Internasional.

Cinta tanah air sebagian dari iman

Selain dari pada itu adalah untuk menyelamatkan keberadaan bangsa ini dari bahaya latin dan rongrongan yang ingin mengganggu kedamaian dan kedaulatan negeri ini.

Mensyukuri nikmat merdeka yang telah diberikan oleh Allah swt, dengan mengoptimalkan segenap sumberdaya yang melimpah ini adalah fardu ain.
Insinyur Soekarno pernah memasankan dalam sebuah pidatona bahwa "kenerdekaan yang sudah didapat tidak berarti bangsa ini terlepas dari segala bentuk penjajahan, tetapi penjajahan gaya baru yang kasat mata adalah tantangan yang lebih berat yang harus dihadapi oleh bangsa ini".

Oleh karena itu, cinta tanah air harus di wujudkan dalam bentuk perjuangan nyata. Perjuangan nyata itu adalah diawali dengan membangun kemampuan diri lalu kemudian mengamalkan segala kemampuan yang dimiliki untuk membangun negeri ini, sekecil dan sebesar apapun kemampuan yang dimiliki itu.