Yazid Ibn Harun, Disegani Penguasa Karena Kedalaman Ilmunya

Yazid Ibn Harun, Disegani Penguasa Karena Kedalaman Ilmunya - Semenjak kurun awal, Islam telah melahirkan banyak ulama yang sangat tajam dalam pemikiran serta keluasan ilmu yang diperhitungkan. Hal ini juga yang telah menjadikan Islam sebagai ajaran suci yang tidak bisa dibohongkan oleh orang yang ingin menghentikannya.

Yazid Ibn Harun, Disegani Penguasa Karena Kedalaman Ilmunya

Pada tahun 118 Hijriyah, lahir seorg ulama yg bernama Yazid ibn Harun ibn Zadzi. Panggilan akrab ulama yg beretnis Bukhara, sebuah kawasan yg sekarang berada di Afghanistan, adalah Abu Khalid. Beliau lahir dan besar di daerah sekitar Baghdad, Irak.

Guru dari Imam Ahmad ibn Hambal ini mmpunyai kharisma yg luar biasa. Kharisma itu muncul kerana kesaksian dari para guru dan murid-murid beliau yg mngenal beliau sebagai ulama yg tsiqah. Hampir tak seorg pun dari guru dan murid beliau yg mndapati kekurangan beliau. Hadits yg beliau riwayatkn adalah hadits yg shahih.

Kuatnya hafalan Abu Khalid Yazid ibn Harun sudah dikenal di seluruh penjuru negeri muslim saat itu. Bahkn, dari sisi itu, beliau mngalahkn salah seorg guru Imam Syafi’i, Waqi’ ibn Al-Jarrah. Imam Ahmad ibn Hambal mnyatakn bahwa kuatnya periwayatan hadits dari Yazid ibn Harun sampai pada peringkat mutqin yg melebihi dari sekadar hafizh.

Imam Asy-Syafi’i pernah mnyaksikn bahwa Yazid ibn Harun hafal sekitar 24 ribu hadits, berikut sanadnya.

Selain kelebihan hafalan dan akhlak, Yazid ibn Harun dikenal sebagai sosok ulama yg mmpunyai kekuatan ibadah luar biasa. Beliau biasa sholat dari mulai Isya hingga sampai wakttu Shubuh, nyaris tanpa istirahat. Dan terbiasa sholat dari mulai Dzuhr hingga datng wakttu Asar, juga tanpa istirahat. Hal itu biasa dilsayakn sang ulama selama 47 tahun.

Sepanjang sholat dan munajat itu, Yazid ibn Harun kerap mnangis kerana ketunduknnya kpd Allah swt. Sedemikian seringnya mnangis, ulama yg tegas dalam soal amar ma’ruf dan nahyu munkar ini mngalami kebutaan secara bertahap. Mulai dari mata kiri, kemudian yg knan.

Kalau beliau sedang mmberikn ta’lim di Baghdad, sekitar 70 ribu orang hadir untuk mnyimak kajian yg beliau sampaikn. Termasuk di antara mereka Imam Ahmad ibn Hambal.


Walau sebagai guru, Yazid ibn Harun sangat mnghormati Imam Ahmad ibn Hambal. Pernah suatu kali, saat beliau sedikit bercanda di saat mngisi sebuah pengajian, salah seorg peserta terdengar berdehem. Yazid pun mngatakn, ”Siapa yg baru saja berdehem?”

Hal itu ia tanyakn kerana kondisi fisik beliau yg buta dan rasa sensitif beliau kalau-kalau ada yg tidak beres dari tingkah beliau. Seseorg pun mnjawab, ”Itu suara Ahmad ibn Hambal!”

Yazid ibn Harun pun langsung mnyatakn, ”Kenapa kalian tidak sampaikn kpdku kalau Ahmad ibn Hambal hadir di sini, agar saya tidak bercanda di hadapan kalian!”

Kharisma yg luar biasa itulah yg mmbuat penguasa Al-Makmun tidak berani macam-macam selama sang ulama itu masih hidup.

Pernah Al-Makmun mnyatakn, kalau saja Yazid ibn Harun tidak ada, saya sudah mnyatakn bahwa Alquran itu makhluk.

Seorg staf kerajaan menanyakan, ”Kenapa Anda begitu segan dgn Yazid ibn Harun?”

Al-Makmun mnjelaskn, Saya sangat mngsayai kharisma beliau yg begitu dihormati dan dijadikn rujukn oleh hampir semua rakyatku. Kalau saya mngatakn itu, dan pasti Yazid ibn Harun akn mmbantahku, maka rakyat akn bergejolak. Dan itu merupakn bencana untukku!

Yazid ibn Harun mninggal dalam usia 89 tahun di masa pemerintahan Al-Makmun, pada tahun 206 Hijriyah.

Seorg teman Imam Ahmad ibn Hambal mnceritakn sebuah mimpi yg ia alami. Dalam mimpi itu, ia bertemu dgn Yazid ibn Harun. Ia menanyakan, ”Apakah Anda didatngi Malaikat Munkar dan Nakir setlah Anda dimakamkn?”

Dalam mimpi itu, Yazid ibn Harun mnjawab, ”Benar. Mereka mnanyaknku: siapa Tuhanmu? Apa agamamu?”

Kemudian aku menjwb, ”Apakah pertnyaan serupa ini yg kalian ajukn kpdku? Sungguh, saat di dunia, saya biasa mngajarkn hal seperti itu kpd manusia!”

Mndapati jawaban serupa itu, Malaikat Munkar dan Nakir mnyatakn, ”Kamu benar. Kerana itu, silahkn Anda tidur bagaikan pengantin baru.”

Dari kisah ini kita bisa mengambil pelajaran, betapa keluasan ilmu yang memberikan kemanfaatan bagi umat, bisa menyelamatkan seseorang dari siksa kubur. Ahli ilmu selamanya akan di kenang dan ilmunya akan selalu dicari oleh banyak orang, Sehingga kemanfaatannya menjadi berkah tersendiri tidak hanya dalam kehidupan selama didunia melainkan lipatan kebaikannya akan didapatkan diakhirat kelak.

Semoga, kita yang hidup di zaman serba canggih ini, tidak menjadi manusia yang melupakan pada jasa para ulama dari kalangan salafussalih hingga ulama masa kini yang masih kuat mengamalkan dan mengembangkan keilmuannya untuk kemaslahatan banyak orang. Amin. Wallahu a'lam bish showab.


Kisah Menarik lainnya;
Pemuda Penghafal Qur`an Ini Tidak Tunduk Dalam Rayuan Perempuan Cantik